6 Pantai Menawan yang Wajib Dikunjungi di Nusa Penida

Pulau Nusa Penida merupakan daerah kepualauan kecil yang terletak di bagian selatan Bali daratan dan dipisahkan oleh selat Badung. Nusa Penida terdiri atas tiga pulau utama yaitu Nusa Gede, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan-Jugutbatu.  Karena wilayahnya kepulauan, maka sebagian besar wilayah pulau memiliki garis pantai tersendiri. Berikut kami paparkan 6 Pantai Menawan yang ada di Nusa Penida.

 

 

1. Broken Beach (Pasih Uug)

Pasih Uug sendiri jika di dalam bahasa Bali bisa diartikan dengan ” Pantai Yang Rusak “, pantai ini pun populer dengan nama Broken Beach, karena tempat berupa tebing setinggi 50 – 200 meter ini ditengannya ada lubang seperti terowongan. Layaknya sebagian besar kawasan Nusa Penida Pantai Uug dihiasi dengan tebing-tebing tinggi, dengan ketinggian mencapai 50-200 meter. Namun Anda akan menjumpai sebuah tebing yang berlubang pada bagian tengahnya sehingga nampak menyerupai sebuah terowongan laut. Keberadaan tebing inilah yang menjadi dasar penamaannya, Pasih Uug yang berarti pantai yang patah.Dari atas tebing Anda bisa melihat air lautnya yang berwarna biru jernih menjadi rumah yang nyaman bagi sejumlah ikan dan biota laut lainnya, terutama ikan pari. Beberapa penyu juga sesekali menampakkan diri di tengah kolam raksasa.

Lokasi : Pantai Pasih Uug terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, lebih tepatnya di Nusa Penida bagian barat.

 

  1. Angel’s Billabong

Objek wisata Angel’s Billabong berdekatan dengan Pantai Pasih Uug. Tempat ini merupakan muara akhir dari sebuah sungai di Pulau Nusa Penida yang bermuara terlebih dahulu sebelum air sungai tersebut sampai ke lautan lepas. Di muara sungai ini permukaan airnya sangat tenang dan jernih. Selain itu terdapat pula cerukan-cerukan yang membentuk kolam secara alami yang sangat indah dan cantik.

 

Angel’s Billabong merupakan kolam alami yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Daya tariknya yaitu airnya yang jernih seperti cermin tembus pandang yang terlihat hingga dasar kolam. Deburan ombak yang menghantam tepian tebing karang kolam Angel’s Billabong dan tumbuhnya lumut di sekitar karang – karangnya membuat nuansa alami pada tempat ini. Kolam ini adalah muara akhir dari Sungai Nusa Penida yang dihimpit tebing karang sebelum sampai ke laut lepas. Berada di tengah – tengah karang yang terbelah dan ditengahnya membentuk sebuah kolam. Air yang ada di kolam ini berasa dari sungai dan laut lepas yang terpisah oleh tebing karang dan berbatasan langsung dengan kolam Angel’s Billabong. Saat air laut pasang, air laut akan masuk ke kolam ini. Di Kola mini pengunjung bisa berenang dengan tetap memperhatikan pasang surut air laut.

Lokasi : Pantai Pasih Uug terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar

 

3. Kelingking Beach

Pantai kelingking tersembunyi dibalik tebing Nusa Penida. Dengan kondisi tersebut, kebanyakan pengunjung menikmati suasana Pantai Kelingking dari atas tebing. Untuk sampai ke bibir pantai diperlukan waktu selama satu jam. Akses yang ditempuh menuruni tebing sepanjang 150 meter, dengan akses jalan yang dicetak, masih alami, jalannya cukup berkelok-kelok dan agak terjal. Dari ketinggian tebing, Pantai Kelingking terlihat pendek namun sesungguhnya sangat luas. “Lebar pantai 80 meter, pasirnya halus warna putih. Persis di lokasi pantai, pengunjung bisa menikmati suasana alam yang memukau. Ketika air laut sedang surut pengunjung bisa melihat ikan pari manta yang berenang di sekitar pantai.

4. Pasih Andus (Smoke Beach)

Pantai ini disebut dengan Pasih Andus oleh masyarakat sekitar adalah karena bentukan asap dari hempasan atau deburan ombak yang ke atas. Asap yang ditimbulkan bukan akibat polusi udara melainkan deburan ombak alami. Seperti namanya keindahan smoke beach terpancar dari deburan air laut menghantam tebing karang, deburan ini menghasilkan semburan air laut yang menyerupai asap. Banyak wisatawan yang mengambil foto ketika ombak sedang naik dengan background kristal air bertebaran. Tentu menghasilkan latar foto yang berbeda dan sangat seru pastinya. Tidak hanya suara gemuruh ombak saja, terdapat biota laut langka yang indah disana. Anda bisa menyaksikan pemandangan ikan Pari dan Mola-Mola langka yang berenang bebas di Pantai ini.

Pantai Pasih Andus terletak di Dsn. Sompang, Ds, Bunga Mekar, Nusa Penida. Sedangkan jarak antara Pantai ini dengan Pantai Pasih Uug cukup dekat hanya beberapa meter saja dan bisa ditempuh dalam waktu 15 menit.

 

4. Pantai Atuh

Pantai Atuh dapat dikatakan sebagai pantai yang karismatik. Pantai Atuh memiliki kondisi geologi yang berbukit karang dengan bentuk yang unik di tengah-tengah pantainya. Bentuknya seperti sepatu, kira-kira berada 200 meter dari bibir pantai. Bukit karang tersebut menjadi pemandangan menarik diantara debur ombak. Pemandangan dari atas tebing di pesisir Pantai Atuh juga sangat menarik. Anda seperti melihat liukan leher Brontosaurus yang sedang menjulurkan lehernya ke dalam lautan. Pemandangan dari atas tebing ini sangat memukau. Adanya tumbuh-tumbuhan semak perdu di tebing-tebing memperlihatkan kekontrasan warnanya dengan ombak lautan yang berwarna biru. Ada beberapa bukit kecil di sekitar tebing besar itu. Anggap saja itu adalah kura-kura raksasa yang sedang berdiam diri, sebab buki-bukit kecil itu memiliki kontur tanah berwarna cokelat dan hijau seperti punggung kura-kura. Lokasi pantai atuh  berada di Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

5. Pantai Suwehan (Suwehan Beach)

Pantai Suwehan, menyuguhkan perpaduan alam yang sangat serasi dan jarang bisa anda temukan di tempat lainnya, pemandangan indah pantai pasir putih yang masih belum terjamah, keberadaannya tersembunyi di balik tebing-tebing curam, dan Batu Jineng yang berdiri tegak, berbentuk seperti brand terkenal Volkom, Batu Jineng ini menjadi ciri khas dan menjadi ikon tempat ini. Setiap sudutnya menyuguhkan keindahan, membuat setiap pengunjungnya berdecak kagum, jadi jika anda berencana jalan-jalan tour di Nusa Penida maka objek wisata yang dikenal juga dengan Volcom Beach (pantai Volcom) sayang untuk dilewatkan. Lokasi wisata ini terletak di Banjar Watas, Desa Tanglad.

6. Pantai Crystal Bay

Sebutan crystal bay disematkan pantai ini karena air lautnya yang jernih bagaikan kristal. Pantai crystal bay selain dikelilingi perbukitan hijau yang alami memiliki daya tarik tersendiri dengan keberadaan Atol (pulau karang). Keelokan teluk dengan hamparan pasir halus yang berpadu ndengan hijaunya pohon kelapa. gugusan atol serta keberadaan Pura Batu Jineng dipuncaknya semakin menambah keindahan yang membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di pantai ini sambil menikmati sunset. Bagi Anda yang suka senja, tempat ini rekomdasi banget karena pantainya menghadap ke barat, Jadi anda bisa menyaksikan matahari terbenam (Sunset Nusa Penida). Tdak hanya itu, di crystal bay anda juga dapat melakukan aktivitas seperti diving, snorkeling, berenang, berjemur, bermain bola pantai. Bagi wisatawan penggemar snorkeling, wisatawan dapat menyewa tempat snorkeling di Crytal bay, harga yang ditawarkan tergolong sangat murah.

Ayo yang mau berlibur ke pantai menawan di Nusa Penida, bisa kontak kami www.infonusapenidatour.com penyedia jasa akomodasi seputaran Nusa Penida

WA 085738211636

Share This !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *